Nugraha, Hari Adhar (2025) PERAN KOMUNITAS ESPORT DALAM KAMPANYE PEMILIHAN LEGISLATIF DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus Kampanye Pemilihan Legislatif H. Oleh Soleh., S.H.). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (225kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (482kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (316kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (210kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (247kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (240kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (324kB)
9. BAB 2.pdf
Download (415kB)
8. BAB 1.pdf
Download (271kB)
10. BAB 3.pdf
Download (280kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (240kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (214kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunitas Esport dalam strategi kampanye pemilihan legislatif di Kota Tasikmalaya dengan menggunakan kerangka teori strategi kampanye Dennis W. Johnson. Komunitas ini tidak hanya berperan sebagai sarana hiburan, tetapi juga memiliki potensi besar untuk mendukung kegiatan politik, termasuk kampanye pemilu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kegiatan komunitas Esport dan strategi kampanye politik yang dilakukan oleh calon legislatif di Kota Tasikmalaya. Teori strategi kampanye Dennis W. Johnson digunakan sebagai kerangka analisis, yang terdiri dari empat elemen utama: pesan kampanye, media kampanye, target audiens, dan evaluasi serta umpan balik. Penelitian ini menghasilkan bahwa dalam berlangsungnya kampanye politik H. Oleh Soleh di Kota Tasikmalaya dengan menggunakkan pendekatan turnamen Esport, ESI dalam hal ini komunitas Esport di Kota Tasikmalaya memiliki peran yang sangat vital serta ESI berhasil dalam menjalankan perannya dengan baik. Dengan demikian, kampanye pemilu melalui pendekatan teknologi seperti ini agar terus ditingkatkan, karena pada era modern saat ini kemajuan teknologi hampir menyentuh di segala lini kehidupan masyarakat, termasuk saat kampanye pemilu. Dengan hal tersebut, selain para calon pemimpin akan mendapatkan segmentasi potensi suara baru, juga masyarakat dapat teredukasi bagaimana cara kerja kampanye berbasis teknologi.
Kata Kunci : Komunitas Esport, Strategi Kampanye, Dennis W. Johnson, Pemilihan Legislatif, Kota Tasikmalaya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:04 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2379 |
