ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN

ERMAYANTI, PUTRI (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI ERMAYANTI. 2019. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan serta penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Pythagoras berdasarkan tahapan Kastolan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrument penelitian ini adalah tes soal cerita matematika. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive yaitu tiga peserta didik terpilih yang paling dianggap memenuhi pertimbangan menjadi subjek. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: kesalahan peserta didik adalah kesalahan konseptual, kesalahan yang dilakukan yaitu salah dalam menggunakan rumus atau tidak tepat dalam menerapkan rumus. Kesalahan prosedural, kesalahan yang dilakukan yaitu ketidaksesuaian langkah penyelesaian soal sehingga tidak dapat hasil yang paling sederhana. Kesalahan teknik, kesalahan yang dilakukan yaitu salah dalam menghitung nilai dari suatu operasi hitung, atau ketidak telitian dalam menghitung. Adapun penyebab kesalahan tersebut yaitu tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, minat belajar yang kurang, kurang mengasah kemampuan dalam mengerjakan soal, lambat dalam belajar. Kata kunci: Kesalahan Peserta Didik, Analisis Kastolan, Soal Cerita Matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:46
Last Modified: 30 Dec 2020 08:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item