PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya)

DEBY CAHYA KOMARAWATI, IMAS (2019) PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 - COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
02 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
03 - SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
04 - ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
05 - KATA PENGANTAR.pdf

Download (312kB)
[img] Text
06 - BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
07 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
08 - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09 - BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10 - BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
11 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK IMAS DEBY CAHYA KOMARAWATI. 2019. Pengaruh Model ArgumentDriven Inquiry (ADI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Koordinasi (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI)) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dan juga antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Tasikmalaya terhadap materi sistem koordinasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai bulan Juli 2019 di SMAN 6 Tasikmalaya. Metode penelitian adalah Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI MIA SMAN 6 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas yang terdiri dari 252 siswa dan sampel yang digunakan dalam 2 kelas diambil menggunakan teknik sampling pupossive, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian berjumlah 20 soal dan hasil belajar dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda sebanyak 30 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ancova dengan tingkat signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dan terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Tasikmalaya pada materi sistem koordinasi. Kata kunci : Argument-Driven Inquiry (ADI), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, sistem koordinasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:48
Last Modified: 26 Oct 2020 04:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item