Exploring Students’ Speaking Anxiety in EFL Classroom

Andriani, Anis (2019) Exploring Students’ Speaking Anxiety in EFL Classroom. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ANIS ANDRIANI 132122051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANIS ANDRIANI, 2019. EXPLORING STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN EFL CLASSROOM. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Speaking Anxiety adalah suatu perasaan yang timbul akibat faktor internal yang muncul seperti rasa tidak percaya diri, rasa malu dan kurangnya pengetahuan yang berdampak negatif terhadap kualitas kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mengakibatkan siswa cemas dalam berbicara bahasa Inggris dan bagaimana mereka mengatasinya. Metode penelitian menggunakan Explorative case study. Data diperoleh dari kuesioner dan wawancara terhadap empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Garut. Data dianalisis berdasarkan thematic analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki beberapa faktor seperti kepercayaan diri yang buruk, takut melakukan kesalahan, kurangnya pemahaman dan rasa malu yang menjadi alasan dominan bagi siswa yang merasa cemas dalam berbicara bahasa Inggris. Data menunjukan bahwa siswa yang mengalami kecemasaan mampu mengatasi kecemasan dengan mempersiapkan diri mereka lebih baik sebelum berbicara. Kesimpulannya adalah hampir semua siswa memiliki kecemasan saat berbicara bahasa Inggris yang di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketakutan akan evaluasi dan kehawatiran berkomunikasi. Tetapi, setiap siswa memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut. Kata Kunci: Kecemasan berbicara, Studi kasus eksplorasi, Pelajar bahasa asing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 May 2020 04:01
Last Modified: 28 May 2020 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item