EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN BANTUAN METODE TUTOR SEBAYA (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

WULAN MEITRI NURJANAH, NENG (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN BANTUAN METODE TUTOR SEBAYA (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI NENG WULAN MEITRI NURJANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dengan bantuan metode tutor sebaya, serta self efficacy peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model Means- Ends Analysis (MEA) dengan bantuan metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan populasi penelitiannya seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sampel yang terpilih peserta didik kelas X IPA 1 sebanyak 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket self efficacy peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dengan bantuan metode tutor sebaya dan self efficacy peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) tergolong dalam klasifikasi kriteria sedang. Kata kunci: Efektivitas, , Means- Ends Analysis (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 May 2020 03:29
Last Modified: 28 May 2020 03:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item