PRATAMA MAULIDDITYA, RIVALDY (2019) STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN ADE UU SUKAESIH DAN NANA SURYANA PADA PEMILIHAN WALIKOTA BANJAR TAHUN 2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER & PENGESAHAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
2 DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Download (130kB) |
|
Text
4 BAB II.pdf Download (193kB) |
|
Text
5 BAB III.pdf Download (161kB) |
|
Text
6 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text
7 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
Abstract
Agenda Pemilukada Banjar Jawa Barat sebagai proses demokrasi lima tahunan memang sudah selesai dengan diselenggarakannya Pemilihan Walikota dan Wakilnya pada bulan Juni 2018 dan telah dimenangkan oleh pasangan nomor urut satu Ade UU Sukaesih dan Nana Suryana dengan memperoleh 52,36% suara. Jika dilihat dari partai pendukungnya, pasangan Maman Suryaman dan Irma Darmawatie Bastaman didukung oleh 6 partai dengan 14 kursi di DPRD Kota Banjar, sedangkan pasangan Ade UU Sukaesih dan Nana Suryana hanya didukung oleh tiga partai yang hanya memiliki 11 kursi di DPRD Kota Banjar, namun dengan strategi yang lebih baik, maka pasangan Ade UU Sukaesih dan Nana Suryana mengungguli pasangan Maman Suryaman dan Irma Darmawatie Bastaman. Penelitian ini menganalisis marketing politik yang digunakan dalam strategi pemenangan pasangan Ade UU Sukaesih dan Nana Suryana untuk mencari dan mengembangkan pendukung selama proses kampanye politik, yakni strategi push marketing, pass marketing, dan pull marketing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan melalui wawancara dengan nara sumber yang terkait dengan strategi marketing politik pasangan nomor urut satu Ade UU Sukaesih dan Nana Suryana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa marketing politik yang dijalankan oleh Tim Pemenangan Asih Saenyana lebih dominan pada push marketing dengan berusaha mendapatkan dukungan melalui stimulan yang diberikan kepada pemilih. Masyarakat diberikan dorongan untuk pergi ke bilik suara dan mencoblos paslon Asih Saenyana. Tim Pemenangan Asih Saenyana mensosialisasikan sejumlah alasan yang rasional maupun emosional kepada pemilih untuk bisa memotivasi mereka agar tergerak dan bersedia mendukung paslon Asih Saenyana, dengan mengeksploitasi keberhasilankeberhasilan yang telah dicapai oleh Hj Ade UU Sukaesih selama menjabat Walikota Banjar periode 2013-2018, disertai dengan penawaran program-program baru yang populis dan up to date sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Banjar untuk periode 2018 – 2023 jika Hj Ade UU Sukaesih terpilih kembali menjadi Walikota Banjar, dikarenakan Hj Ade UU Sukaesih sudah mempunyai pengalaman untuk memimpin dan memajukan Kota Banjar. Kata Kunci: Strategi, Marketing Politik, Pemilihan Wali Kota.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:31 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
View Item |