PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

DWI ASTIANI, NIDYA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER,.pdf

Download (59kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
1. ABSTRAK,.pdf

Download (34kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
7. BAB V BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (77kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian terkait kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang rendah karena kurang memiliki kemampuan fleksibilitas atau kurang mampu menyelesaikan masalah dengan alternatif lain dan beragamketika diberikan soal uraian. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Creative Problem Solving(CPS) dan peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Ekseperimen. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, maka sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperiment yang terdiri 36 peserta didik menggunakan model Creative Problem Solving(CPS) dan XIIPS 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 peserta didik menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif berjumlah 10 butir soal berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23.0 yaitu uji paired sample t test dan independent sample t test dengan taraf siginifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,045yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Creative Problem Solving(CPS)dan peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional setelah perlakuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 May 2020 04:29
Last Modified: 19 May 2020 04:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item