PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018)

Fadil Nurpuadi, Ahmad (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4 ABSTRAK skripsi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V simpulan dan saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di sekolah SMA N 4 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Guided Inquiry pada mata pelajaran ekonomi.Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi, dan kuesioner yang diberikan guru kepada siswa.Pengolahan data dilakukan dengan Uji Statistik Non Parametrik, Test Uji Paired SamplesT-TestdanUji Independent Samples T-Test. Uji statistik dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jika dibandingkan, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Guided Inquiry lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah). Kata Kunci: Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 May 2020 03:55
Last Modified: 15 May 2020 03:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item