Fadil Nurpuadi, Ahmad (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
4 ABSTRAK skripsi.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
BAB V simpulan dan saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di sekolah SMA N 4 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Guided Inquiry pada mata pelajaran ekonomi.Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi, dan kuesioner yang diberikan guru kepada siswa.Pengolahan data dilakukan dengan Uji Statistik Non Parametrik, Test Uji Paired SamplesT-TestdanUji Independent Samples T-Test. Uji statistik dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jika dibandingkan, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Guided Inquiry lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah). Kata Kunci: Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 May 2020 03:55 |
Last Modified: | 15 May 2020 03:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1790 |
Actions (login required)
View Item |