PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Pagerageung Tahun Ajaran 2018/2019)

HANSAH, SITI (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Pagerageung Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode outdoor study terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada konsep interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Pagerageung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMP Negeri 2 Pagerageung. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Pagerageung, sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 157 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan majemuk berjumlah 30 dan instrumen keterampilan proses sains berupa tes uraian (essay) berjumlah 14 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analysis of Covariance) dengan α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode outdoor study terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada konsep interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 2 Pagerageung tahun ajaran 2018/2019, dan ada hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar. Kata kunci : metode outdoor study, keterampilan proses sains, hasil belajar, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 13 May 2020 06:24
Last Modified: 13 May 2020 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item