PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya)

Srimulyati, Sinti (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dan keaktifan belajar matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan penyebaran angket keaktifan belajar matematis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan angket keaktifan belajar matematis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya yang berjumlah 10 kelas. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling berdasarkan kelas, kelas VII J terpilih sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Treffinger. Teknik analisis data dalam uji hipotesis digunakan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger tidak tergolong kategori tinggi. (2) Keaktifan belajar matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger tergolong kriteria sedang. Kata kunci: Keaktifan Belajar Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 May 2020 07:21
Last Modified: 18 May 2020 07:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item