PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (Study Quasi Eksperimen pada kelas X IPS Tahun pelajaran 2018/2019 SMA Negeri 1 Taraju Tasikmalaya)

Yanti Aulia, Risma (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA SURAT KABAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (Study Quasi Eksperimen pada kelas X IPS Tahun pelajaran 2018/2019 SMA Negeri 1 Taraju Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER 1.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
bab 3 lanjutan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Media Surat Kabar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Taraju Pada Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Taraju sebanyak 64 peserta didik yang terbagi atas dua kelas. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, yakni berdasarkan pertimbangan tertentu. Adapun sampel penelitian adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian berupa kemampuan pemecahan masalah berjumlah 15 butir soal yang berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan bantuan program SPSS versi 23.00 yaitu uji paired sampel test dan independent sampel t test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil perhitungan uji paired sampel t-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai yang sama thitung sebesar 0,000 dengan demikian Sig. (2-tailed)< 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima bearti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan nilai posttest peserta didik, dikelas eksperimen dan dikelas kontrol. Hasil perhitungan uji paired sample t-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai yang sama yaitu thitung sebesar 0,000 dengan demikian Sig. (2-tailed)< 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima, bearti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan nilai posttest peserta didik dikelas eksperimen dan dikelas kontrol. Hasil perhitungan uji independent sample t test untuk N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan thitung sebesar 0,001 dengan demikian Sig. (2-tailed)< 0,05 maka Ho ditolak atau ha diterima, berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar oleh model pembelajaran problem based learning berbantukan media Surat Kabar dengan kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional tanpa berantukan media Surat Kabar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 13 May 2020 03:34
Last Modified: 13 May 2020 06:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item