Khoeriyah, Jamingatul (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
JUDUL.pdf Download (117kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII semester 2 adalah KD 3.10 Menelaah teks eksplanasi dan KD 4.15 Menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”efektifkah model Student Team Achievement Division dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Student Team Achievement Division dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran Student Team Achievement Division efektif dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi yang menggunakan metode eksperimen sungguhan. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division yaitu kelas VIII G pada KD 3.10 mencapai angka 82,03, dan pada KD 4.10 mencapai angka 85,92, sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) yaitu kelas VIII I pada KD 3.10 mencapai angka 80,21, dan pada KD 4.10 mencapai angka 80,78. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi daripada nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung). Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel = 89,9 Artinya model pembelajaran Student Tean Achievement Division efektif dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 May 2020 03:58 |
Last Modified: | 08 May 2020 03:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |