PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Quasi Eksperimen pada kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya )

Maya Mutiara, Radela (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Quasi Eksperimen pada kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun guru telah memaparkan materi pembelajaran dengan jelas, akan tetapi kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih tergolong rendah siswa masih banyak yang di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Permasalahan yang terjadi yaitu beberapa siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran, siswa cepat bosan, mengantuk saat jam pelajaran siang, dan mengobrol dengan teman sebangkunya yang membuat gaduh pada teman lainnya sehingga seringkali membuat pembelajaran menjadi kurang kondusif. Untuk itu dengan menggunakan model inkuiri dengan kelompok kecil diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya sebanyak 164 siswa yang terbagi kedalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel ini diambil dengan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 yaitu uji paired sampel t-test dan independent sampel t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebelum dan sesudah perlakuan ditunjukkan dengan menggunakan rata-rata preetest sebesar 42,36 dan postest sebesar 82,10 dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan ditunjukan dengan hasil rata-rata preetest sebesar 41,93 dan postest sebesar 78,58 terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol yang menggunakan model langsung sesudah perlakuan hal ini ditunjukan dengan nilai N-Gain eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol sebesar 0,63 diperoleh nilai thitung sebesar 0,000 dengan taraf signifikan kurang dari 0,05 artinya H0 di tolak Ha di terima nilai kesimpulan terdapat perbedaan peningkatan siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. kata kunci: Model, Pembelajaran, Inkuiri, Kemampuan, Berpikir, Kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 12 May 2020 06:10
Last Modified: 12 May 2020 06:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item