PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

MELANI, MITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada konsep sistem reproduksi di kelas XI MIA MA Negeri 2Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April2019 sampai bulan Juni 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment design dengan populasi seluruh kelas XI MIAMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya, 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 112 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains peserta didik pada konsep sistem reproduksi. Teknik analisis data menggunakan bantuan uji prasarat,dan uji hipotesisdengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning pada konsep reproduksi manusia. Model pembelajaran discovery learning memperoleh hasil lebih baik digunakan pada konsep sistem reproduksi di kelas XI MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Kata kunci : discovery learning , keterampilan proses sains, sistem reproduksi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 06 May 2020 04:54
Last Modified: 06 May 2020 04:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item