PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN DAN MENGONSTRUKSI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Permana, Radhitya (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN DAN MENGONSTRUKSI CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen dan mengonstruksi cerpen merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi yang harus dikuasai peserta didik kelas XI. Namun kenyataannya, di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis unsur pembangun cerpen dan mengonstruksi cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidak model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui dapat atau tidak model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan mengonstruksi cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen terdapat 5 peserta didik (14%) yang belum mencapai KKM dan 31 peserta didik (86%) yang telah mencapai KKM, serta dalam pembelajaran mengonstruksi cerpen terdapat 6 peserta didik (16%) yang belum mencapai KKM dan 30 peserta didik (84%) yang sudah mencapai KKM. Siklus II dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM dan dalam pembelajaran mengonstruksi cerpen seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Data tersebut menunjukan peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen dan mengonstruksi cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Apr 2020 02:57
Last Modified: 24 Apr 2020 02:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item