Iis, Siti Rahmawati (2019) PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (122kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (105kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
13 BISMILLAH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK IIS SITI RAHMAWATI .2019. PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi kelas XI SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 322 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur minat belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa angket minat belajar berjumlah 20 butir soal dan instrumen hasil belajar berupa pilihan majemuk berjumlah 28 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA (Analysis of covariance) dengan α 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji ANCOVA diperoleh signifikansi corrected model sebesar 0,000< 0,05 sehingga H₀ ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap minat belajar dan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Hasil Belajar, Minat Belajar dan Model Meaningful Instructional Design (MID).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 07:17 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |