Muawanah, Sabilah Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen dikelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text
07 BAB I.pdf Download (31kB) |
|
Text
08 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
09 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
12 Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2019 di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya dengan menggunakan model Discovery Learning yang diambil dengan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pretest dan posttest dengan bentuk soal multiple choice untuk tes hasil belajar sebanyak 28 soal dan bentuk soal uraian untuk tes berpikir kritis sebanyak 12 soal. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji ANOVA dengan taraf signifikan (α) = 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model Pembelajaran Wimba, Pendekatan Induktif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi, Pengaruh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 02:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1614 |
Actions (login required)
View Item |