HAIRI, FARHAN (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS SMART APPS CREATOR BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
11. BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
13. BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada materi aritmatika sosial berbasis Smart Apps Creator berbantuan Kahoot untuk mengeksplor kemampuan representasi matematis dan juga untuk melihat efektivitas penggunaan bahan ajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan soal tes (Pretest dan Posttest). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli materi, lembar penilaian ahli media, lembar angket respons peserta didik, dan lembar soal tes. Data penelitian ini diperoleh dari dua ahli materi, dua ahli media, 10 peserta didik kelas VIII A SMP Yayasan Islam Bojong Tasikmalaya, dan 25 peserta didik kelas VIII B SMP Yayasan Islam Bojong Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang dapat digunakan melalui android. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan “sangat layak” dengan beberapa perbaikan. kemudian respons peserta didik pada implementasi skala kecil mendapatkan persentase 89% yang berada pada kategori “sangat baik”. Sedangkan respons peserta didik pada implementasi skala besar mendapatkan persentase 93% yang berada pada kategori “sangat baik”. Tingkat efektivitas bahan ajar pada materi aritmatika sosial berbasis Smart Apps Creator berbantuan Kahoot diperoleh dari pretest dan posttest dengan mendapatkan skor effect size 1,28 yang berada pada kriteria ”strong effect”, yang artinya penggunaan bahan ajar pada materi aritmatika sosial berbasis Smart Apps Creator berbantuan Kahoot memiliki efek yang tinggi untuk mengeksplor kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Aritmatika Sosial, Smart Apps Creator, Kahoot, Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:24 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |