ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

ROSIDAH, SANTI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
PENGUJI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (55kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
daftar gambar.pdf

Download (37kB)
[img] Text
daftar tabel.pdf

Download (31kB)
[img] Text
daftar lampiran.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi model asesmen kompetensi minimum ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kecerdasan logis matematis, tes kemampuan number sense, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 1 Ciawi yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan kecerdasan logis matematis tinggi (S7-T dan S10-T) mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya pada berbagai jenis bilangan, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis sedang (S24-S dan S3-S) mampu memenuhi tiga indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis rendah (S8-R dan S19-R) tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense. Kata kunci: Kemampuan Number Sense, Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum, Kecerdasan Logis Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:45
Last Modified: 24 Feb 2025 06:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item