ROSIDAH, SANTI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
PENGUJI.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
kata pengantar.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
daftar gambar.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
daftar tabel.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
daftar lampiran.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
Daftar Pusaka.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi model asesmen kompetensi minimum ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kecerdasan logis matematis, tes kemampuan number sense, dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 1 Ciawi yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan kecerdasan logis matematis tinggi (S7-T dan S10-T) mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, mengidentifikasi karakteristik hasil operasi bilangan dan implikasinya pada berbagai jenis bilangan, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis sedang (S24-S dan S3-S) mampu memenuhi tiga indikator kemampuan number sense yaitu mengidentifikasi sifat berurutan dari bilangan-bilangan dan keteraturan pada sistem bilangan, memilih estimasi terdekat hasil operasi bilangan dan merepresentasikannya, dan menilai kewajaran hasil perhitungan. Subjek dengan kecerdasan logis matematis rendah (S8-R dan S19-R) tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan number sense. Kata kunci: Kemampuan Number Sense, Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum, Kecerdasan Logis Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |