PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR PELATIHAN DESAIN GRAFIS TERHADAP KEMANDIRIAN (Studi pada Alumni Program Pendidikan Kecakapan Kerja di LKP Syabaabul Fikri Tasikmalaya)

RAHAYU, ASTUTI ANGGUN (2024) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR PELATIHAN DESAIN GRAFIS TERHADAP KEMANDIRIAN (Studi pada Alumni Program Pendidikan Kecakapan Kerja di LKP Syabaabul Fikri Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (37kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
14. BAB 2.pdf

Download (95kB)
[img] Text
15. BAB 3.pdf

Download (385kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

Pengalaman belajar merupakan interaksi individu dalam proses belajar di lingkungan yang telah terjadi. Pengalaman belajar yang terjadi di lingkungan ini berupa metode belajar, bahan ajar, fasilitas belajar dan kemampuan belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pengalaman belajar pelatihan desain grafis terhadap kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh pengalaman belajar pelatihan desain grafis terhadap kemandirian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif korelasional, dengan mencari pengaruh variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini yaitu alumni peserta didik LKP Syabaabul Fikri Kabuputen Tasikmalaya, dengan jumlah sampel 30 alumni, teknik yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu skala terbesar kategori pengalaman belajar berjumlah 13 atau 65% kategori sedang dan kemandirian berjumlah 21 atau 70% kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis determin R-Square diperoleh nilai sebesar 0,421 artinya pengalaman belajar (X) mempengaruhi kemandirian (Y) sebesar 42%. Sedangkan sisanya sebesar 58% dipengaruhi faktor lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan Ha diterima Ho ditolak, pengalaman belajar berpengaruh terhadap kemandirian. Kemudian dengan tingkat korelasi antara variabel pengalaman belajar terhadap kemandirian adalah sebesar 0,649 yang diartikan tingkat hubungan korelasinya kuat. Kata Kunci : Pengalaman Belajar, Pelatihan, Kemandirian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:22
Last Modified: 25 Feb 2025 01:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15259

Actions (login required)

View Item View Item