UPAYA WILLEM ISKANDER DALAM MENDIRIKAN KWEEKSCHOOL TANOBATO TAHUN 1862

KHAMILATUNISSA, NADILA (2024) UPAYA WILLEM ISKANDER DALAM MENDIRIKAN KWEEKSCHOOL TANOBATO TAHUN 1862. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5. motto.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7. kata pengantar.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. ucapan terimakasih.pdf

Download (27kB)
[img] Text
10. daftar isi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
11. bab i.pdf

Download (204kB)
[img] Text
12. bab ii.pdf

Download (122kB)
[img] Text
13. bab iii.pdf

Download (128kB)
[img] Text
14. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
15. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
17. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada masa pemerintah kolonial Belanda mendirikan kekuasaannya di Hindia Belanda, tentu akan menimbulkan adanya perlawanan dari Bumiputera. Tidak terelakkan beberapa kelompok maupun perseorangan akan melakukan perlawanan dengan berbagai cara. Perlawanan-perlawanan tersebut bentuk usaha Bumiputera untuk mengusir para penjajah. Kondisi penjajahan tersebut membangkitkan tekad seorang pemuda dari tanah Batak untuk memajukan kampung halamannya, beliau adalah Willem Iskander. Untuk menghadapi penjajahan tersebut, Willem Iskander mengambil jalan pendidikan sebagai kendaraannya dalam melakukan perlawanan terhadap penjajahan kolonial Belanda di Mandailing. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan profil Willem Iskander, 2) mendeskripsikan latar belakang berdirinya Kweekschool Tanobato, 3) memaparkan upaya Willem Iskander dalam mendirikan Kweekschool Tanobato Tahun 1862. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian historis yang terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 1) terdapat seorang Bumiputera pertama dari tanah Batak yang berhasil menempuh pendidikan yang jauh dari tanah air, beliau adalah Willem Iskander. Beliau telah menempuh pendidikan di Belanda dan menjadi seorang guru. Willem Iskander merupakan pendiri dari sekolah guru yang disebut dengan Kweekschool Tanobato yang berdiri pada tahun 1862; 2) kehidupan masyarakat Mandailing yang berada di bawah kendali pemerintah kolonial Belanda, cukup kesulitan untuk mendapat pendidikan yang layak. Oleh sebab itu, Willem Iskander berupaya mendirikan sekolah guru guna mencerdaskan kehidupan masyarakat Mandailing dan memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk bersekolah; 3) usaha Willem Iskander dalam mendirikan sekolah tersebut memang tidak mudah, beliau harus mendapatkan izin pendirian sekolah dari pemerintah kolonial Belanda. Dengan berdirinya sekolah guru Tanobato merupakan bukti usaha Willem Iskander dalam melakukan suatu gerakan pencerahan di Mandailing. Kata Kunci: Kweekschool Tanobato, Sekolah Guru Bumiputera, Willem Iskander

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:30
Last Modified: 20 Feb 2025 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

View Item View Item