RODIANI, SITI UTAMI (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
06. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
07. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08. BAB 1.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
09. BAB 2.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peserta didik di SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bogor mempunyai akses terhadap perangkat berteknologi tinggi seperti smartphone dengan sistem operasi android maupun iOS, namun pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran fisika masih sangat terbatas. Minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan produk multimedia interaktif berbasis smartphone menggunakan articulate storyline pada materi gelombang cahaya yang valid dan praktis. Lima tahap model ADDIE – analysis, design, development, implementation, dan evaluation – digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini. Pedoman wawancara serta lembar observasi digunakan untuk menganalisis kebutuhan, lembar validasi digunakan untuk mengukur tingkat kelayakan produk, dan angket respon pendidik dan peserta didik digunakan untuk menilai kepraktisan produk. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif yang dijalankan pada smartphone. Skor rata-rata ahli materi sebesar 0,92 dan ahli media sebesar 0,88, maka produk penelitian ini berkategori sangat layak. Produk penelitian dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan persentase kepraktisan 90,5% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase kepraktisan 92,6%. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk ini juga efektif dalam mengurangi beban kognitif yang extraneous, karena multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi prinsip-prinsip Contiguity, Coherence, Signaling, dan Redundancy. Hasil tes kognitif menunjukkan 77% peserta didik mencapai tingkat “Tuntas”, maka hasil belajar peserta didik menggunakan multimedia interaktif berkategori “Tinggi”. Kata kunci: Articulate storyline, gelombang cahaya, Interaktif, Multimedia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |