PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMAHAMI KONSEP KUBUS DAN BALOK

ANDRIANSYAH, ANDRIANSYAH (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMAHAMI KONSEP KUBUS DAN BALOK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (203kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (450kB)
[img] Text
03. Keterangan Revisi.pdf

Download (412kB)
[img] Text
04. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (481kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (267kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (262kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
08. Daftar Tabel.pdf

Download (419kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (41kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (354kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar dan mengetahui efektivitas penggunaannya serta respon peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode Reseach & Development (R&D) dengan model ADDIE (Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Sumber data penelitian adalah ahli media dan ahli materi serta peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satap 2 Kadipaten Tasikmalaya. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran berbasis flash. Produk dinilai dari efektivitas penggunaan media yang diukur berdasarkan teknis, kualitas isi, dan tujuan serta kualitas instruksional. Kelayakan media pembelajaran pada penilaian teknis oleh ahli media yaitu 71% dengan kategori layak dan penilaian nkualitas isi dan tujuan oleh ahli materi yaitu 94% dengan kategori layak. Efektifitas kelayakan aplikasi multimedia berbasis etnomatematika pada saat pengujian kepada peserta didik pada skala kecil melalui angket penilaian kualitas instruksional yaitu 78% dengan kategori efektif dan uji skala besar dengan penilaian 86% sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan efektif sebagai media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Multimedia, Etnomatematika, Pembelajaran Saintifik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:43
Last Modified: 14 Feb 2025 08:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item