Putra, Muhamad Cipta Amanda (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT PADA GEN Z DI KOTA TASIKMALAYA EKSISTENSI : TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
Abstract
Perilaku penggunaan merupakan perasaan positif atau negatif individu dalam menggunakan suatu teknologi dengan frekuensi penggunaan aplikasi sebagai indikatornya. Berdasarkan studi pendahuluan 95% responden setuju bahwa persepsi kemudahan menjadi faktor yang diperhatikan dalam keputusan penggunaan digital payment selain pesepsi manfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hubungan persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap perilaku penggunaan digital payment pada gen z di kota Tasikmalaya melalui minat menggunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Kemudian populasi pada penelitian ini adalah generasi z pengguna digital payment di kota Tasikmalaya dengan sampel sebanyak 145 responden. Teknik analisis dan uji hipotesis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini adalah: persepsi kemudahan (X1) berpengaruh terhadap minat menggunakan (Z) nilai t-statistik 2.621>1.96 dan nilai p-value 0.009<0.05, persepsi manfaat (X2) berpengaruh terhadap minat menggunakan (Z) nilai t- statistik 6.061>1.96 dan nilai p-value 0.000<0.05, persepsi kemudahan (X1) tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan (Y) t-statistik 0.626<1.96 dan p value 0.531>0.05, persepsi manfaat (X2) berpengaruh terhadap perilaku penggunaan (Y) t-statistik 2.258>1.96 dan p-value 0.025<0.05, minat menggunakan (Z) berpengaruh terhadap perilaku penggunaan (Y) t-statistik 3.821>1.96 dan p-value 0.000<0.05, persepsi kemudahan (X1) berpengaruh terhadap perilaku pengguaan (Y) melalui minat menggunakan (Z) t-statistik 1.971>1.96 dan p-value 0.049<0.05, persepsi manfaat (X2) berpengaruh terhadap perilaku penggunaan (Y) melalui minat menggunakan (Z) t-statistik 3.261>1.96 dan p-valuie 0.001<0.05. Jadi hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap perilaku penggunaan digital payment melalui minat menggunakan. Sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh langsung terhadap perilaku penggunaan. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Minat Menggunakan, Perilaku Penggunaan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:34 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |