UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS THE IMPLEMENTATION OF ROLE-PLAY TECHNIQUE IN ENGLISH SPEAKING CLASS

KHAYATI, MIR’ATUL (2024) UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARDS THE IMPLEMENTATION OF ROLE-PLAY TECHNIQUE IN ENGLISH SPEAKING CLASS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text
2. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- MOTTO.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
6. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- PREFACE.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (266kB)
[img] Text
8. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131 - CHAPTER 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
10. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- CHAPTER 2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
11. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- CHAPTER 3.pdf

Download (444kB)
[img] Text
12. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
13. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
14. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- REFERENCES.pdf

Download (383kB)
[img] Text
15. CD Mir'atul Khayati - THESIS 192122131- ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Role-play telah mendapat banyak perhatian di bidang penelitian. Banyak penelitian membuktikan bahwa role-play mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Namun pada kenyataannya, masih ada siswa yang takut untuk berbicara meskipun sudah dilakukannya penerapan teknik role-play di kelas berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penerapan teknik role-play di kelas berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari 4 mahasiswa semester 3 di salah satu universitas di Tasikmalaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur. Data analisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dan persepsi negatif terkait persepsi siswa terhadap penerapan teknik role-play di kelas Professional Listening and Speaking. Persepsi positif meliputi role-play sebagai teknik belajar yang baik di kelas Professional Listening and Speaking, yaitu; (1) role-play membawa situasi asli dan bahasa asli; (2) mendorong motivasi siswa untuk belajar; dan (3) meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sedangkan persepsi negatif meliputi kekurangan dari penerapan teknik role-play di kelas Professional Listening and Speaking, yaitu; (1) role-play dalam program pembelajaran bahasa jangka panjang dan topik yang kurang menarik; dan (2) role-play membatasi kesempatan siswa untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan. Dengan demikian, guru dapat mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dari role-play sebagai acuan dalam mempertimbangkan role-play sebagai teknik pembelajaran agar kelas berbicara memiliki suasana yang hidup dan menyenangkan dan juga meningkatan kemampuan berbicara siswa. Kata kunci: Role-play, persepsi, meningkatkan kemampuan berbicara, pembelajaran Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:42
Last Modified: 12 Feb 2025 03:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item