PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAIT ‘Ibadurrohman Boarding School Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FATHONAH, ZAINUN NURUL (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAIT ‘Ibadurrohman Boarding School Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (844kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran virtual laboratorium terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi sistem respirasi. Metode penelitian menggunakan pre-experiment dengan desain one-group pretest-postest design. Populasi serta sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAIT ‘Ibadurrohman Boarding School Tasikmalaya sebanyak 28 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data keterampilan proses sains berupa instrumen tes keterampilan proses sains berbentuk soal uraian sebanyak 9 soal, serta teknik pengumpulan data hasil belajar berupa instrumen tes berbentuk soal pilihan majemuk sebanyak 22 soal yang berkaitan dengan materi sistem respirasi tes hasil belajar peserta didik. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh media pembelajaran virtual laboratorium terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi sistem respirasi. Adapun analisis N-gain dilakukan menggunakan bantuan software Microsoft Excel dengan prosantese n-gain 67,7% pada keterampilan proses sains dan 56% pada hasil belajar, menurut teori Hakke kategori tersebut dapat ditafsirkan bahwa media pembelajaran virtual laboratorium cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAIT ‘Ibadurrohman Boarding School Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Virtual Laboratorium, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:41
Last Modified: 07 Feb 2025 08:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15053

Actions (login required)

View Item View Item