Lindiasari, Rita (2024) KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP (QAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII adalah teks berita, dengan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan teks berita yaitu memahami unsur-unsur dan struktur teks berita. Namun, peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) karena rendahnya motivasi belajar dan minat membaca peserta didik. Untuk mencapai nilai yang sesuai dengan KKTP diperlukan komponen pembelajaran seperti tujuan, metode, model, strategi, dan evaluasi. Strategi membaca merupakan sebuah metode atau prosedur yang dilakukan untuk memahami teks bacaan. Penggunaan strategi membaca yang tidak bervariasi berdampak pada motivasi peserta didik selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, nilai rata-rata peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran membaca teks berita yakni 58,12 (pretest) dan 83,44 (posttest). Sedangkan nilai rata-rata peserta didik di kelas kontrol pada pada pembelajaran membaca teks berita yakni 58,21 (pretest) dan 73,76(posttest). Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol ada satu data yang tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Question-Answer Relationship (QAR) berpengaruh secara efektif terhadap kemampuan membaca teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:55 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |