HIDAYAT, SARAH AZ-ZAHRA (2024) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA MELALUI THREE-TIER TEST. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SARAH.pdf Download (87kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (110kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN FIX.pdf Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 19 Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal mengenai materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode ekploratif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 19 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes diagnostik three tier-test, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) display data, 3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi pada materi statistika yaitu pada submateri modus, peserta didik memiliki pengertian modus yang berbeda dengan yang dikemukakan oleh para ahli, menganggap suatu data hanya akan memiliki satu modus, dan konsep modus yang tertukar dengan mean. Miskonsepsi juga terjadi pada submateri median, peserta didik tidak memahami materi median dengan lengkap, peserta didik tidak menggunakan rumus yang tepat saat menentukan median dan tidak mengurutkan data sebelum menentukan median. Selain itu, peserta didik juga mengalami miskonsepsi pada submateri rata-rata, yaitu peserta didik tidak dapat menyelesaikan rumus dengan tepat dan tidak dapat menentukan strategi saat menyelesaikan soal rata-rata. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi terhadap peserta didik yakni peserta didik tidak memahami konsep dengan lengkap yang menyebabkan peserta didik mengambil kesimpulan yang salah, teman belajar yang dapat mentransfer miskonsepsi, kurangnya keberanian peserta didik untuk bertanya, minat belajar peserta didik yang rendah, sumber belajar (buku paket) sulit dipahami, metode mengajar yang tidak bervariatif. Kata kunci: Miskonsepsi, Statistika, Three Tier Test
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:50 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14959 |
Actions (login required)
View Item |