PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERORIENTASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

PADILA, SINTIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERORIENTASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3. lembar pernytaan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (128kB)
[img] Text
6. ucapan terimakasih.pdf

Download (64kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf

Download (424kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RICOSRE Berorientasi Socio-scientific Issues terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMAN 10 Tasikmalaya, tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian the matching only posttest-only group design. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas X SMAN 10 Tasikmalaya yang berjumlah 12 kelas, dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari X-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan X-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 peserta didik. Instrumen penelitian ini yaitu tes dan non-tes. Tes dilakukan dengan menggunakan soal literasi sains sebanyak 20 soal dan non-tes yaitu dengan angket sikap ilmiah sebanyak 22 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA satu jalur dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis maka diperoleh hasil bahwa ada pengaruh model pembelajaran RICOSRE Berorientasi Socio-scientific Issues terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMAN 10 Tasikmalaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model RICOSRE Berorientasi Socio�scientific Issues ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena model ini memiliki potensi dalam peningkatan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci : Model RICOSRE, Socio-scientific Issues, Literasi Sains, Sikap Ilmiah, Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:06
Last Modified: 20 Jan 2025 08:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item View Item