ANALISIS FILM PENDEK LUTUNG KASARUNG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA KELAS XI

ARDILA, MILA (2024) ANALISIS FILM PENDEK LUTUNG KASARUNG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2Lembar Pengesahan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3Lembar Pernyataan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5Kata Pengantar.pdf

Download (77kB)
[img] Text
6Daftar Isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7Daftar Tabel.pdf

Download (33kB)
[img] Text
8Daftar Bagan.pdf

Download (4kB)
[img] Text
9BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10BAB 2.pdf

Download (622kB)
[img] Text
11BAB 3.pdf

Download (379kB)
[img] Text
12BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
14Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
15Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Drama merupakan materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bahan ajar drama yang digunakan masih mengacu pada buku paket dan digunakan secara berulang. Selain itu, peserta didik lebih berminat saat diberikan bahan ajar berupa audio visual dibandingkan berbentuk visual. Kendalanya, pendidik kesulitan dalam mencari bahan ajar berupa video yang sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bahan ajar drama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan struktur dan unsur intrinsik drama pada film pendek Lutung Kasarung dalam saluran Youtube Laboratorium Pendidikan IPS UNY yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar drama bagi peserta didik kelas XI. Berdasarkan inilah penulis melakukan penelitian terhadap film pendek Lutung Kasarung dalam Youtube Laboratorium Pendidikan IPS UNY. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, angket, dan studi pustaka. Subjek penelitian yaitu pendidik Bahasa Indonesia di SMK Hepweti Ciamis, SMK Al-Fattah, dan SMA Informatika Ciamis. Objek penelitian yaitu film pendek Lutung Kasarung dalam saluran Youtube Laboratorium Pendidikan IPS UNY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film pendek Lutung Kasarung memuat struktur dan unsur intrinsik yang sesuai dengan kompetensi dasar 3. 18 dan 4.18 (Kurikulum 2013 Revisi) serta sesuai tujuan pembelajaran (Kurikulum Merdeka) kelas XI. Berdasarkan hasil uji validasi modul oleh 3 ahli diperoleh skor maksimal. Oleh karena itu, modul dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar drama di kelas XI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2025 06:53
Last Modified: 17 Jan 2025 06:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14889

Actions (login required)

View Item View Item