HIDAYAH, NURUL (2024) STUDI PEMETAAN POTENSI LABORATORIUM LAPANGAN DI GUNUNG GALUNGGUNG UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP PLANTAE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
Pembelajaran Biologi menekankan pentingnya fasilitasi oleh guru baik dalam lingkungan kelas maupun di luar kelas. Proses pembelajaran yang efektif mencakup pengalaman langsung di laboratorium lapangan yang sesuai, menjadikan peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan praktis terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Dengan demikian, pengalaman di laboratorium lapangan menjadi penting sebagai pelengkap pembelajaran di dalam kelas, memungkinkan peserta didik untuk menerapkan dan memperkuat pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam konteks yang relevan. Tujun penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis tumbuhan lumut dan paku yang terdapat di Kawasan Gunung Galunggung, (2) Untuk mengetahui pemetaan potensi laboratorium lapangan di Gunung Galunggung. Metode penelitian ini yaitu survey eksploratif dengan cara observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Data penelitian di analisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, studi literatur, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis milles dan hubberman dengan kesesuaian kawasan sebagai laboratorium lapangan dan diinterpretasikan dalam pemetaan kawasan Gunung Galunggung dengan mengklasifikasikan menjadi 3 stasiun dengan 9 zona. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gunung Galunggung memiliki potensi tumbuhan plantae kategori lumut dan paku yang cukup melimpah yaitu sebanyak 10 genus dari 8 famili tumbuhan lumut dan sebanyak 17 genus dari 13 famili tumbuhan paku yang tercatat telah ditemukan. Gunung Galunggung dapat dijadikan sebagai laboratorium lapangan dalam pembelajaran biologi berdasarkan hasil observasi dan pemetaan memiliki potensi biodiversitas dan kondisi lingkungan yang memadai. Pemanfaatan hasil penelitian ini berupa lembar kerja mahasiswa (LKM). Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan tenaga pendidik dan mahasiswa pendidikan biologi dalam melakukan praktikum mandiri di Kawasan Gunung Galunggung. Kata Kunci: Laboratorium Lapangan, Gunung Galunggung, Konsep Plantae
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:33 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |