PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2018/2019)

Nurlaeli, Rafih (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK BISMILLAH.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Nurlaeli Rafih. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Majenang Tahun Ajaran 2018/2019) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi merupakan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Untuk mencapai kompetensi ini, guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi kelas VIII SMP Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis laksanakan meliputi teknik tes awal (pretest) pada kegiatan awal pembelajaran, dan tes akhir (posttest) setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata tes akhir (postest) kemampuan mengidentifikasi teks persuasi untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu kelas VIII C mencapai nilai 83,83, dan menyimpulkan isi teks persuasi mencapai nilai 78, sedangkan kemampuan mengidentifikasi di kelas kontrol yaitu kelas VIII E mencapai nilai 80,76, dan untuk menyimpulkan isi teks persuasi yaitu mencapai nilai 68,43. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =107,3 Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2018/2019. Dengan demikian, hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Apr 2020 02:59
Last Modified: 09 Apr 2020 02:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item