PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya)

ARYANI, GINA (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

GINA ARYANI. 2019. “Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Antara yang Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovery Learning (DL) (Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 1 Leuwisari)”. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Model Discovery Learning (DL) dan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Leuwisari tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 99 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random menurut kelas. Terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen 1 yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah peserta didik 25 orang dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen 2 yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan jumlah peserta didik 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang berbentuk uraian sebanyak 3 soal penyebaran angket kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data melalui pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Kemandirian belajar peserta didik pada model Problem Based Learning (PBL) menunjukkan kategori tinggi dan kemandirian belajar peserta didik pada model Discovery Learning (DL) menunjukan kategori sedang. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning (DL), Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Apr 2020 02:02
Last Modified: 01 Apr 2020 02:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item