PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA (Penelitian Quasi Experiment Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pembelajaran Paham Paham Baru di Dunia Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

HUDA, MUHAMMAD ALFAN SABILUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA (Penelitian Quasi Experiment Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pembelajaran Paham Paham Baru di Dunia Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (8kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (101kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investagion tersebut untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperluas pengetahuannya. Motivasi belajar siswa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Tasikmalaya terhadap pembelajaran sejarah cukup rendah sehingga dapat diatasi salah satunya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Adapun tujuannya untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen. Populasiyang ditetapkan seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 214 orang. Dengan sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan Group Investigation. Berdasarkan pengolahandata uji hipotesis diperoleh nilai Sig 0,239 > 0,05 maka Ho ditolak dan Haditerima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan. Kata Kunci: Model Pembelajaran tipe Group Investigation, Motivasi, Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Nov 2024 07:03
Last Modified: 22 Nov 2024 07:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item