SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS ANALYSIS OF TEXTUAL MEANING IN EFL STUDENTS’ FANFICTION UNDERGRADUATE THESIS

Yuliani, Mutya (2024) SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS ANALYSIS OF TEXTUAL MEANING IN EFL STUDENTS’ FANFICTION UNDERGRADUATE THESIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2. Approval Sheet.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
4. personal Page (MOTTO) .pdf

Download (4kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
6. Abstract.pdf

Download (122kB)
[img] Text
7. Preface.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8. Acknowledgements.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9. Table of Contents.pdf

Download (38kB)
[img] Text
10. List of tables.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11. List of Figures.pdf

Download (26kB)
[img] Text
12. List of Appendices.pdf

Download (26kB)
[img] Text
13. Chapter 1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
14. Chapter 2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
15. Chapter 3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
16. Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
17. Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
18. References.pdf

Download (148kB)
[img] Text
19. Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
20. Curriclum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini terutama difokuskan pada tema rheme dan pola perkembangan tematik yang diamati dalam fanfiction siswa berjudul A New Hope. Untuk memeriksa data, penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif. Data tersebut berasal dari fanfiction siswa yang telah diunggah di Wattpad. Data tersebut dievaluasi menggunakan teori Halliday (2004) untuk menganalisis Tema dan teori Rheme dan Eggins (2004) untuk menganalisis Pola Perkembangan Tematik. Menurut penelitian, tema ideasional dalam bentuk tema tak bertanda menjadi tema yang paling sering digunakan, yang muncul 64 kali dengan persentase 62,7% dan tema bertanda empat kali dengan persentase 3,9%. Jenis tema berikutnya yang terwujud dalam fanfiction siswa adalah tema tekstual, yang muncul 24 kali dengan persentase 23,5%. Jenis tema yang paling jarang ditemukan dalam fanfiction mahasiswa adalah tema interpersonal, yang muncul sebanyak 10 kali dengan persentase sebesar 9,8%. Selain jenis tema, peneliti juga menemukan tiga pola pengembangan tematik yang digunakan dalam fanfiction mahasiswa, yaitu; pengulangan tema, pola tema zig-zag linier, dan pola tema jamak/tema terbagi. Terdapat tujuh pengulangan tema, dua pola tema zig-zag linier, dan tiga pola tema jamak/tema terbagi yang ditemukan dalam fanfiction mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menulis teks secara koheren dan konsisten menggunakan pola pengulangan tema/tema konstan tanpa menghasilkan banyak tema baru (yang tidak berhubungan). Kata kunci: Fanfiction, linguistik sistemik fungsional, makna tekstual, tema-rema, pola pengembangan tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:00
Last Modified: 29 Oct 2024 01:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item