OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA BERBASIS MASALAH

Rahmawati, Santi (2024) OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs MELALUI PEMBELAJARAN BERMAKNA BERBASIS MASALAH. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (144kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (337kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (341kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (836kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran bermaknan berbasis masalah yang menggunakan media digital book. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix method) dengan model concurrent jenis Triangulation. Model ini dilakukan dengan menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif yang digunakan secara bersama-sama agar diperoleh analisis komprehensif dalam menjawab pertanyaan penelitian. Teknik tersebut dilakukan dalam satu penelitian untuk mendapat pemahaman yang lebih komprehensif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX D yang terdiri dari 25 siswa MTs Negeri 2 Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes soal kemampuan berfikir kritis dalam mengumpulkan data kuantitatif dan angket serta wawancara dalam pengumpulan data kualitatif. Pada penelitian ini peneliti membuat desain digital book dengan menggunakan aplikasi canva agar lebih menarik. Digital book yang dibuat dengan tahapan PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah) yang memuat indikator kemampuan berfikir kritis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat optimalisasi yang signifikan dalam kemampuan berfikir kritis matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran bermakna berbasis masalah, peningkatan tersebut signifikan. Penggunaan digital book dalam pembelajaran bermakna berbasis malah terbukti efektif dengan effect size yang berada pada kriteria strong effect. Dalam hal kemampuan afektif yakni kemandirian belajar yang memuat 3 aspek yaitu metakognisi, motivasi dan perilaku berhasil dioptimalkan melalui pembelajaran bermakna berbasis masalah dengan dibantu media digital book. Hasil angket menunjukan bahwa siswa memiliki tingkat metakognisi dan motivasi yang beragam, namun terdapat variasi yang lebih besar dalam perilaku mereka. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran bermakna berbasis masalah dengan media digital book dapat mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Bermakna Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Oct 2024 00:59
Last Modified: 29 Oct 2024 00:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item