ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ARTIKEL POPULER DALAM SUB-RUBRIK SKOLA KOMPAS.COM EDISI JANUARI 2024 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAGI SISWA KELAS VIII

Hanifa, Farha Millati (2024) ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS ARTIKEL POPULER DALAM SUB-RUBRIK SKOLA KOMPAS.COM EDISI JANUARI 2024 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAGI SISWA KELAS VIII. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (278kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis genre adalah pembelajaran bahasa berdasarkan pada jenis-jenis teks salah satunya artikel ilmiah populer. Artikel ilmiah dipelajari agar peserta didik mampu mengungkapkan gagasan melalui penelaahan struktur dan kebahasaan untuk kemudian merekonstruksinya menjadi versi sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan bahan ajar berupa contoh yang lengkap, relevan, serta bervariasi. Penggunaan bahan ajar kerap memiliki kekurangan diantaranya adalah relevansi dan tingkat keterbacaan yang kurang sesuai dengan jenjang pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai bahan ajar artikel ilmiah populer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan struktur dan unsur kebahasaan teks artikel ilmiah populer dalam salah satu media daring yaitu artikel dalam subrubrik Skola Kompas.Com yang terbit pada bulan Januari 2024 yang dapat dijadikan alternatif bahan ajar artikel ilmiah populer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan teknik wawancara, studi pustaka, dan angket untuk kemudian diolah menggunakan triangulasi data. Subjek penelitian berupa 10 buah artikel yang diambil dengan memilah teks berdasarkan jenis teks yaitu teks eksposisi dan tingkat keterbacaan dengan formula fry Hasil penelitian menunjukan bahwa sembilan dari sepuluh artikel yang dianalisis memilki struktur yang lengkap, sembilan dari sepuluh artikel memiliki keterbacaan yang sesuai, dan delapan artikel menggunakan kaidah kebahasaan artikel ilmiah populer yang lengkap. Hasil uji validitas modul berada pada rentang 90-100 dengan kategori sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar artikel ilmiah populer bagi siswa kelas VIII

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:22
Last Modified: 24 Oct 2024 02:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item