Ali, Ridwan (2020) PENGARUH LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Warga Belajar Paket C Kelas XII Di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (313kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
Ali Ridwan 2020. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Formal Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Warga Belajar Paket C Kelas XII di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Dibimbing Oleh Prof. Dr. H. Yus Darusman Drs., M.Si, H. Adang Danial, Drs., M.Kes Penelitian ini di latar belakangi oleh perbedaan tingkat pendidikan formal dan tingkat pendapatan orang tua yang mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di warga belajar PKBM GEMA Kota Tasikmalaya. Tingkat pendidikan formal dan tingkat pendapatan orang tua warga belajar Paket C PKBM GEMA berbeda-beda. Tingkat pendidikan formal orang tua mayoritas berada pada tingkat menengah, begitupun dengan tingkat pendapatan orang tua yang bervariatif dan mayoritas berada pada tingkat pendapatan tinggi untuk ayah dan tingkat pendapatan sangat rendah untuk ibu. Prestasi belajar siswa pada warga belajar Paket C Kelas XII di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya menunjukan hasil yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan formal dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya. Yang mendasari penelitian ini adalah teori M Dalyono (2009) Tinggi rendahnya pendidikan dan besar kecilnya penghasilan turut menentukan keberhasilan belajar anak. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sample dari penelitian ini sebanyak 53 responden. Dari hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS V.16 for windows dapat dilihat dari niliai koefesien determinasi (KD) atau R square sebesar 0,323 (32,3%). Ini artinya besar pengaruh tingkat pendidikan formal dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 32,3 %. Maka hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari latar belakang tingkat pendidikan formal dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi warga belajar siswa. Dari dua variabel independent yang lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah variabel tingkat pendidikan formal orang tua. Kata Kunci : Pendapatan, Pendidikan, Prestasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | mahasiswa universitas siliwangi |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:47 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1446 |
Actions (login required)
View Item |