PERAN KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA DINI (Studi di TK Nurul Ilmi Benda Kota Tasikmalaya)

Hamidah, Ghalda (2024) PERAN KELUARGA DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA DINI (Studi di TK Nurul Ilmi Benda Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (414kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (499kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (458kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERIBADI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (518kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (420kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (505kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

Bullying atau sering disebut perundungan merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh salah satu orang atau kelompok dengan tujuan menimbulkan rasa sakit dan dilakukan secara berulang-ulang, bullying saat ini sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu adanya pencegahan terhadap perilaku bullying sejak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran keluarga dalam mencegah perilaku bullying pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peran keluarga dalam mencegah perilaku bullying pada anak usia dini meliputi: 1) Peran keluarga sebagai modelling: orang tua berperan dalam membangun komunikasi yang baik dan efektif, memberikan keteladanan, dan membentuk nilai moral dan etika. 2) Peran keluarga sebagai mentoring: orang tua berperan dalam menciptakan kedekatan emosional pada anak, serta memberikan pendampingan dan dukungan. 3) Peran keluarga sebagai organizing: orang tua berperan dalam menciptakan kerja sama dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga dan meluruskan sistem keluarga. 4) Peran keluarga sebagai teaching: orang tua berperan dalam mengajarkan pendidikan karakter, membangun kepercayaan diri pada anak, juga membimbing dan mendidik anak. Simpulan dalam pencegahan bullying pada anak usia dini adalah peran keluarga terutama orang tua sangat dibutuhkan, maraknya kasus bullying saat ini membuat orang tua harus dengan ekstra dalam melibatkan diri dalam pencegahan bullying pada anak. Kata Kunci: Peran Keluarga, Pencegahan Bullying, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:11
Last Modified: 20 Sep 2024 07:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14397

Actions (login required)

View Item View Item