PARDIYAH, RIDA (2024) ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERPANGKATAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DEPORTER DAN HERNACKI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER RIDA.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN RIDA.pdf Download (93kB) |
|
Text
SUKET REVISI.pdf Download (227kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (120kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (136kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan epistemologi peserta didik dalam menyelesaikan soal perpangkatan ditinjau dari gaya belajar DePorter dan Hernacki. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian terdiri dari soal perpangkatan, angket gaya belajar dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari enam orang peserta didik dari kelas XI-D SMP Negeri 1 Mangunreja yaitu subjek dengan hambatan teknik operasional yang memiliki gaya belajar tipe visual (SV), subjek dengan hambatan konseptual dan prosedural yang memiliki gaya belajar tipe auditori (SA), dan subjek dengan hambatan konseptual dan teknik operasional yang memiliki gaya belajar tipe kinestetik (SK). Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (SV) mengalami hambatan teknik operasional dengan gaya belajar visual keliru dalam menuliskan pangkat pada akhir jawaban dan tidak menuliskan kesimpulan pada akhir jawaban yang dikerjakannya. (SA) mengalami hambatan konseptual dan prosedural dengan gaya belajar auditori tidak bisa menerapkan konsep perpangkatan dan tidak tepat dalam menggunakan keteraturan langkah-langkah penyelesaian soal. (SK) mengalami hambatan konseptual dan teknik operasional dengan gaya belajar kinestetik salah menerapkan konsep perpangkatan dan banyak melakukan kesalahan dalam berhitung. Kata kunci: Hambatan Epistemologi, Perpangkatan, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14372 |
Actions (login required)
View Item |