HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS SANGKALI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024

AGUSTIN, SIFA (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS SANGKALI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (317kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (405kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
8. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan wujud dari hasil kinerja tenaga kesehatan yang menghasilkan kepuasan pada pasien dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien sangat erat kaitannya dengan kualitas pelayanan kesehatan. Apabila tingkat kepuasan pasien baik maka kualitas pelayanan kesehatannya juga baik, begitupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya Tahun 2024. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang sedang berobat di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel 222 responden. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner oleh responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara faktor kehandalan (p=0,000), faktor daya tanggap (p=0,000), faktor jaminan (p=0,000), faktor empati (p=0,000), dan faktor bukti fisik (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya. Saran yang diberikan untuk puskesmas yaitu pihak UPTD Puskesmas Sangkali dapat meninjau dan menerapkan kembali mengenai peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada faktor kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:50
Last Modified: 13 Sep 2024 03:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item