AGUSTIN, SIFA (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS SANGKALI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (317kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (405kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
8. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (216kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (246kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (584kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
14. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan wujud dari hasil kinerja tenaga kesehatan yang menghasilkan kepuasan pada pasien dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien sangat erat kaitannya dengan kualitas pelayanan kesehatan. Apabila tingkat kepuasan pasien baik maka kualitas pelayanan kesehatannya juga baik, begitupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya Tahun 2024. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang sedang berobat di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel 222 responden. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner oleh responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara faktor kehandalan (p=0,000), faktor daya tanggap (p=0,000), faktor jaminan (p=0,000), faktor empati (p=0,000), dan faktor bukti fisik (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Sangkali Kota Tasikmalaya. Saran yang diberikan untuk puskesmas yaitu pihak UPTD Puskesmas Sangkali dapat meninjau dan menerapkan kembali mengenai peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada faktor kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14341 |
Actions (login required)
View Item |