ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

QURROTA A’YUNI, ISYTI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis peserta didik ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah penyebaran angket disposisi matematis, tes kemampuan berpikir logis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yaitu angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan berpikir logis. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Tasikmalaya dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 1. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa (1) Terdapat tiga kategori disposisi matematis yaitu tinggi, sedang dan kurang. Sebanyak 4 peserta didik termasuk kategori tinggi, 28 termasuk kategori sedang dan 2 termasuk kategori kurang. (2) Peserta didik kategori disposisi matematis tinggi memenuhi karakteristik kemampuan berpikir logis yaitu keruntutan pikirannya, kemampuan argumennya dan penarikan kesimpulan. Peserta didik kategori disposisi matematis sedang memenuhi karakteristik kemampuan berpikir logis, hanya dalam penarikan kesimpulan kurang tepat. Peserta didik kategori disposisi matematis kurang hanya memenuhi karakteristik kemampuan berpikir logis dalam keruntutan pikirannya, dalam kemampuan argumennya kurang tepat dan penarikan kesimpulannya tidak tepat. Kata kunci: analisis, disposisi matematis, kemampuan bepikir logis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:07
Last Modified: 17 Mar 2020 04:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item