ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESALAHAN DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

KURNIAWATI, HILDA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KESALAHAN DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3 PENGESAHAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (124kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, yaitu : mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa ditinjau dari resiliensi matematis dan mendeskripsikan kesalahan siswa ditinjau dari resiliensi matematis dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis. Penelitian dilakukan di SMK Lentera Bangsa Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa di kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 3 yang sesuai berdasarkan kriteria subjek penelitian. Subjek penelitian dikelompokan ke dalam tiga kategori yaitu subjek yang mempunyai resiliensi tinggi, yang mempunyai resiliensi sedang dan yang mempunyai resiliensi rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan soal tes kemampuan penalaran, kuisioner (angket) resiliensi dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan penalaran, kuisioner (angket) resiliensi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Resiliensi matematis tinggi berhubungan dengan kemampuan penalaran matematis yang kuat dan lebih sedikit melakukan kesalahan. Sedangkan subjek yang memiliki resiliensi matematis rendah dapat menyebabkan kecemasan, kesedihan, dan frustasi dalam menghadapi soal matematika sehingga memiliki kemampuan penalaran matematis rendah dan lebih banyak melakukan kesalahan. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Analisis Kesalahan, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:08
Last Modified: 10 Sep 2024 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item