RESVIANI, LUNITA ANBAR (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PARKIR BERLANGGANAN MELALUI PERATURAN BUPATI CIAMIS NOMOR 55 TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
02 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (43kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (403kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (191kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
|
Text
15 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Implementasi Peraturan Bupati Ciamis Nomor 55 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Parkir Berlangganan Di Tepi Jalan Umum merupakan upaya untuk mencapai tujuan terkait dengan kelancaran lalu lintas jalan, meningkatkan penggunaan ruang parkir yang ada, dan upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan perolehan retribusi parkir, sehingga hal tersebut perlu digali secara maksimal oleh Pemerintah Daerah. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan teori implementasi kebijakan publik dari Merilee S. Grindle pada teori ini berfokus pada isi kebijakan (Content of policy) dan lingkungan implementasi (Context of implementation). Pendekatan ekonomi politik juga digunakan untuk menganalisis data-data yang di dapatkan. Data akan dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak terkait, observasi langsung di lapangan, analisis dokumen terkait peraturan dan kegiatan pengelolaan parkir berlangganan. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan interaktif untuk membandingkan peraturan implementasi dengan praktik aktual di lapangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi kebijakan parkir berlangganan ini masih belum optimal yang diukur dengan teori Merilee S Grindle. Terkait pada respon pemerintah khususnya Dinas Perhubungan terhadap adanya permasalahan mengenai pengelolaan parkir di lapangan dinilai masih memiliki banyak kendala yaitu salah satunya ialah jumlah SDM yang belum memadai. Kurangnya fasilitas dalam pelayanan pada kebijakan ini juga menjadi suatu penyebab kebijakan ini belum tercapai secara baik. Adanya aktor politik yaitu, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis ini, hanya sebagai badan pengawas saja. Pemerintah sendiri, belum menemukan bagaimana solusi yang terbaik dalam memenuhi tujuan dari kebijakan. Sehingga, pada proses untuk pengelolaan parkir berlangganan saat ini belum terlaksana dengan baik. Selanjutnya hasil dari pendekatan ekonomi politik mengkritik kebijakan parkir berlangganan di Kabupaten Ciamis, bahwa kebijakan ini secara ekonomi politik tidak menguntungkan karena kebijakan ini menghendaki pengaturan dalam jumlah yang besar tetapi kembali lagi sifat parkir berlangganan yaitu retribusi dimana retribusi parkir tidak di wajibkan. Kata Kunci : Parkir Berlangganan, Pendapatan Asli Daerah, Dinas Perhubungan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 01:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14250 |
Actions (login required)
View Item |