IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PARKIR BERLANGGANAN MELALUI PERATURAN BUPATI CIAMIS NOMOR 55 TAHUN 2022

RESVIANI, LUNITA ANBAR (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PARKIR BERLANGGANAN MELALUI PERATURAN BUPATI CIAMIS NOMOR 55 TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
02 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Peraturan Bupati Ciamis Nomor 55 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Parkir Berlangganan Di Tepi Jalan Umum merupakan upaya untuk mencapai tujuan terkait dengan kelancaran lalu lintas jalan, meningkatkan penggunaan ruang parkir yang ada, dan upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan perolehan retribusi parkir, sehingga hal tersebut perlu digali secara maksimal oleh Pemerintah Daerah. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan teori implementasi kebijakan publik dari Merilee S. Grindle pada teori ini berfokus pada isi kebijakan (Content of policy) dan lingkungan implementasi (Context of implementation). Pendekatan ekonomi politik juga digunakan untuk menganalisis data-data yang di dapatkan. Data akan dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak terkait, observasi langsung di lapangan, analisis dokumen terkait peraturan dan kegiatan pengelolaan parkir berlangganan. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan interaktif untuk membandingkan peraturan implementasi dengan praktik aktual di lapangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi kebijakan parkir berlangganan ini masih belum optimal yang diukur dengan teori Merilee S Grindle. Terkait pada respon pemerintah khususnya Dinas Perhubungan terhadap adanya permasalahan mengenai pengelolaan parkir di lapangan dinilai masih memiliki banyak kendala yaitu salah satunya ialah jumlah SDM yang belum memadai. Kurangnya fasilitas dalam pelayanan pada kebijakan ini juga menjadi suatu penyebab kebijakan ini belum tercapai secara baik. Adanya aktor politik yaitu, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis ini, hanya sebagai badan pengawas saja. Pemerintah sendiri, belum menemukan bagaimana solusi yang terbaik dalam memenuhi tujuan dari kebijakan. Sehingga, pada proses untuk pengelolaan parkir berlangganan saat ini belum terlaksana dengan baik. Selanjutnya hasil dari pendekatan ekonomi politik mengkritik kebijakan parkir berlangganan di Kabupaten Ciamis, bahwa kebijakan ini secara ekonomi politik tidak menguntungkan karena kebijakan ini menghendaki pengaturan dalam jumlah yang besar tetapi kembali lagi sifat parkir berlangganan yaitu retribusi dimana retribusi parkir tidak di wajibkan. Kata Kunci : Parkir Berlangganan, Pendapatan Asli Daerah, Dinas Perhubungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:51
Last Modified: 10 Sep 2024 01:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item