CHAERUNNISA, NIDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (180kB) |
|
Text
3. LEMBAR KETERANGAN REVISI .pdf Download (120kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (16kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (127kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI .pdf Download (424kB) |
|
Text
7. BAB I .pdf Download (91kB) |
|
Text
8. BAB II .pdf Download (320kB) |
|
Text
9. BAB III .pdf Download (269kB) |
|
Text
10. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
|
Text
11. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (221kB) |
|
Text
13. LAPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari kecemasan matematik pada kategori tinggi,sedang,dan rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini di SMK Al-Mumtaz Cikalahang, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 3 orang dari kelas X terdiri dari satu peserta didik dengan kecemasan matematik kategori tinggi, satu orang siswa dengan kecemasan matematik kategori sedang, dan satu orang siswa dengan kecemasan matematik kategori rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner, melaksanakan tes, melaksanakan wawancara. Instrumen penelitian berupa kuesioner kecemasan matematik yang terdiri dari 21 pernyataan dan soal soal yang memuat indikator kemampuan berpikir reflektif berupa 1 soal uraian pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik analisis data dilakukan secaara kualitatif, dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa S-15 merupakan subjek yang memiliki kecemasan matematik tinggi sehingga tidak memenuhi indikator pada kemampuan berpikir reflektif. S-8 dengan kecemasan matematik sedang mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, dan mampu menjelaskan hubungan yang diketahui dengan yang di tanyakan dan hanya memenuhi dua indikator pada kemampuan berpikir reflektif. S-4 yang memiliki tingkat kecemasan matematik rendah mampu menuliskan yang diketahui dengan yang ditanyakan dan menjelaskan metode yang digunakan serta mampu menghubungkan dan mengaitkan masalah yang pernah dihadapi dengan masalah yang ditanyakaan Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif, Kecemasan Matematik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 01:24 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14235 |
Actions (login required)
View Item |