ABDULLAH, FAOZAN AZIZ (2021) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HOTS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
03. LEMBAR REVISI.pdf Download (243kB) |
|
Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (353kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (384kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) |
|
Text
08. DAFTAR TABEL.pdf Download (171kB) |
|
Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (173kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (547kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (694kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (514kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir reflektif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS ditinjau dari self-esteem dengan fokus utama yaitu peserta didik dengan self-esteem tinggi dan self-esteem sedang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode study kasus. Penggolongan self�esteem menggunakan angket yang diberikan kepada 5 peserta didik kelas XI MIA I dan XI MIA II MAU Darul Amira yang kategori peserta didik mampu dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal HOTS matematika. Subjek dalam penelitian ini tiga peserta didik self-esteem tinggi, dua peserta didik self-esteem sedang,. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: a) mereduksi data; b) menyajikan data, dan c) menarik kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ada tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Kegiatan pada tahap persiapan meliputi:1) menyusun proposal; 2) permohonan izin penelitian; 3) menyusun instrumen penelitian berupa soal dan angket self-esteem, dan 4) validasi instrumen. Kegiatan pada tahap pelaksanaan meliputi: 1) memberikan soal tes kepada peserta didik; 2) memberikan angket self-esteem, dan 3) melakukan wawancara, yang bertujuan untuk mempertegas jawaban dan data yang dikumpulkan oleh peserta didik benar-benar hasil kemampuan individu itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik self-esteem tinggi memenuhi semua indikator berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal HOTS. Proses berpikir reflektif siswa self�esteem sedang memenuhi semua indikator juga ada kendala hanya dalam proses wawancara terhadap subjek self-esteem sedang, hal ini yang menjadi pembeda dengan self-esteem tinggi.. Kata kunci: proses berpikir reflektif, HOTS, self-esteem
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14216 |
Actions (login required)
View Item |