PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HOTS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM

ABDULLAH, FAOZAN AZIZ (2021) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE HOTS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
03. LEMBAR REVISI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (384kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (171kB)
[img] Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (173kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir reflektif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS ditinjau dari self-esteem dengan fokus utama yaitu peserta didik dengan self-esteem tinggi dan self-esteem sedang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode study kasus. Penggolongan self�esteem menggunakan angket yang diberikan kepada 5 peserta didik kelas XI MIA I dan XI MIA II MAU Darul Amira yang kategori peserta didik mampu dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal HOTS matematika. Subjek dalam penelitian ini tiga peserta didik self-esteem tinggi, dua peserta didik self-esteem sedang,. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: a) mereduksi data; b) menyajikan data, dan c) menarik kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ada tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Kegiatan pada tahap persiapan meliputi:1) menyusun proposal; 2) permohonan izin penelitian; 3) menyusun instrumen penelitian berupa soal dan angket self-esteem, dan 4) validasi instrumen. Kegiatan pada tahap pelaksanaan meliputi: 1) memberikan soal tes kepada peserta didik; 2) memberikan angket self-esteem, dan 3) melakukan wawancara, yang bertujuan untuk mempertegas jawaban dan data yang dikumpulkan oleh peserta didik benar-benar hasil kemampuan individu itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik self-esteem tinggi memenuhi semua indikator berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal HOTS. Proses berpikir reflektif siswa self�esteem sedang memenuhi semua indikator juga ada kendala hanya dalam proses wawancara terhadap subjek self-esteem sedang, hal ini yang menjadi pembeda dengan self-esteem tinggi.. Kata kunci: proses berpikir reflektif, HOTS, self-esteem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:44
Last Modified: 09 Sep 2024 02:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14216

Actions (login required)

View Item View Item