Firdaus, Andika (2024) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran geografi program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAPTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
pembelajaran, pembelajaran yang berkualitas tentunya yang dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan untuk warga belajar, sebaliknya metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi ajar dapat mempengarhui motivasi belajar warga belajar, warga belajar akan merasa jenuh dan bosan hal ini juga dirasakan warga belajar PKBM Gema Kota Tasikmalaya yang menyebabkan motivasi belajarnya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar di PKBM Gema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana metode ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan test yang terdiri dari preetest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah implementasi metode tutor sebaya mampu meningkatkan motivasi warga belajar, hasil observasi dan test yang dilakukan meningkat, total hasil kenaikan pada observasi motivasi belajar dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 5% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33%. Sedangkan observasi penerapan metode tutor sebaya meningkat dengan nilai rata-rata 30 dan hasil kenaikan nilai total preetest dan posttest sebesar 130 kesimpulannya banyak warga belajar yang antusias dengan implementasi metode tutor sebaya, metode tutor sebaya juga membantu warga belajar untuk bisa berbaur dengan teman sekelasnya, berinteraksi satu sama lain, dan membuat individu menjadi aktif. Kata kunci: Motivasi belajar, Tutor sebaya, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14104 |
Actions (login required)
View Item |