PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sodonghilir Tahun Ajaran 2023/2024)

ANDRIYATI, ANIS (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sodonghilir Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (361kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Sodonghilir dipengaruhi oleh model pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung membosankan. selanjutnya berdasarkan tes literasi sains didapatkan nilai rata-rata 39,12 yang artinya kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Sodonghilir masih sangat rendah. Peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching Learning berbatuan aplikasi wizer.me dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching Learning berbantuan aplikasi wizer.me terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi gelombang mekanik. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sodonghilir sebanyak dua kelas dengan jumlah peserta didik 60 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berupa soal uraian. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan literasi sains yang terdiri dari 14 soal essay pada materi gelombang mekanik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (∞ = 0,01) menunjukkan bahwa setelah menggunakan model quantum teaching learning berbantuan wizer.me diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:16
Last Modified: 04 Sep 2024 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item