Shipora, Seila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (79kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (98kB) |
|
Text
3. pernyataan.pdf Download (110kB) |
|
Text
4. abstrak.pdf Download (64kB) |
|
Text
5. kata pengantar.pdf Download (131kB) |
|
Text
6. daftar isi.pdf Download (219kB) |
|
Text
7. bab 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
8. bab 2.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. bab 3.pdf Download (211kB) |
|
Text
10. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
|
Text
11. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
12. daftar pustaka.pdf Download (76kB) |
|
Text
13. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran merupakan suatu strategi yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran tersebut dapat menjadikan proses belajar lebih menarik, peserta didik aktif dan kreatif sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan mengidentifikasi unusr-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, teknik tes dan wawancara. Populasi penelitian yakni peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa Numbered Heads Together (NHT) dapat memberikan kesignifikanan pengaruh terhadap pembelajaran mengidentifikasi unsur�unsur dan menyimpulkan isi teks berita. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil skor rata�rata nilai antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan yang tidak menggunakan model tersebut. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pratest mengidentifikasi unsur-unsur teks berita sebesar 58 dan pratest menyimpulkan isi teks berita sebesar 57, sedangkan untuk pascatest sebesar 83 dan 81. Pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pratest mengidentifikasi unsur-unsur teks berita sebesar 57 dan pratest menyimpulkan isi teks berita sebesar 59, sedangkan untuk pascatest sebesar 79 dan 78. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon hasil perhitungan data pasca tes dalam pemelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita menunjukan bahwa nilai sig. 2-tailed 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:07 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14032 |
Actions (login required)
View Item |